Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Humbang Hasundutan 2021
Nomor Katalog : 1399013.1215
Nomor Publikasi : 12150.2116
ISSN / ISBN : 978-612-6431-58-5
Tanggal Rilis : 2021-12-23
Ukuran File : 3.54 MB
Abstraksi
Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengatur
bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik berkewajiban untuk melaksanakan
evaluasi terhadap kinerja pelaksana pelayanan publik. Salah satu bentuk
evaluasi ini diwujudkan melalui penyelenggaraan Survei Kepuasan Masyarakat
(SKM) sebagaimana yang diatur dalam PermenpanRB Nomor 14 Tahun 2017. Badan
Pusat Statistik (BPS), sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik yang menyediakan data dan informasi statistik, senantiasa selalu berusaha memberikan
pelayanan prima kepada konsumen.
BPS telah menyelenggarakan SKM secara rutin tiap tahun yang diintegrasikan ke
dalam Survei Kebutuhan Data (SKD). Survei ini selain bertujuan untuk
mendapatkan persepsi kepuasan konsumen terhadap pelayanan data BPS, juga
bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan data dan persepsi kepuasan konsumen
terhadap kualitas data yang dihasilkan BPS.
Pada tahun 2021, SKD dilaksanakan di 515 satuan kerja BPS yang terdiri
dari BPS Pusat, 34 BPS Provinsi, serta 480 BPS Kabupaten/Kota di seluruh
Indonesia. Hasil dari pelaksanaan SKD 2021 salah satunya disajikan dalam
publikasi dengan judul “Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2021” sebagai
bentuk laporan dari penyelenggaraan SKD. Publikasi ini memberikan penjelasan
secara deskriptif mengenai performa unit layanan, perilaku anti korupsi,
kebutuhan data, serta kepuasan konsumen terhadap kualitas data BPS. Penyajian
data ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, dan infografis. Indeks Kepuasan
Konsumen (IKK) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) merupakan indikator
utama yang disajikan dalam publikasi ini.